Gen Milenial dan Z terlahir dalam dunia digital. Maka penggunaan digital dalam kehidupan sehari-hari mereka jadi hal yang biasa.
Sebuah survei yang dilakukan oleh Lokadata.id memperkuat anggapan tersebut. Hasil survei tersebut menyebutkan, 73% Gen Milenial dan Z terbiasa menggunakan bank digital dalam kehidupan sehari-hari. Terutama terkait akses layanan yang dapat terintegrasi dengan platform e-commerce dan investasi.
Riset tersebut dilakukan oleh Lokadata.id terhadap responden 50% gen z dan 50% milenial. Terkait temuan tentang bank digital, sebanyak 29% mengungkap alasannya menggunakan bank digital karena dapat diakses kapanpun dan 24% terafiliasi dengan aplikasi lain.
Sementara itu, 32% pengguna khususnya gen z memahami definisi atau kriteria bank digital lebih baik dibandingkan kelompok responsen usia lebih dari 25 tahun.
"Sebagai contoh, misalnya kenapa menggunakan Blue atau bank digital yang lain karena mereka memiliki format kantung-kantung buat menyimpan dan berdistribusikan kekayaannya," ujar Chief Data Officer Lokadata.id Suwandi Ahmad dalam acara di Jakarta, dikutip Kamis (11/10/2024).
Suwandi melihat bahwa lambat laun, isu ownership di kalangan Gen z maupun Milenial semakin melemah. Kini, mereka tidak ingin membeli sesuatu, melainkan mengutamakan pengalaman atau experience.
Penelitian ini juga menemukan bahwa rata-rata per minggu, anak muda menghabiskan sekitar 22-28 miliar untuk membeli barang-barang digital seperti pembelian pulsa dan voucher game.
"Pembelian barang digital untuk anak muda lebih banyak daripada pemenuhan kebutuhan. Jadi, lebih banyak membeli pulsa daripada untuk membeli makanan yang sehat," kata dia.
Di samping itu, 78% masyarakat setiap hari menggunakan aplikasi fintech. Mulai dari dompet digital, layanan pinjaman hingga pembayaran digital.
Sebanyak 77% menggunakan dimpet digital seperti GoPay, OVO, DANA, ShopeePay, LinkAja, Bank Sakuku dan lainnya. Kemudian, 52% lebih memilih menggunakan layanan pembayaran digital serta 26% di antaranya menggunakan layanan pinjam uang. []
© Copyright 2024, All Rights Reserved