Transaksi program Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024 tercatat sebesar Rp31,2 triliun. Tapi angka tersebut jauh dari target yang ditetapkan pemerintah, yakni sebesar Rp40 triliun.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan meski tidak mencapai target, tapi capaian tahun ini mengalami peningkatan sekitar 21,4 persen secara tahunan (yoy) dibandingkan total transaksi pada 2023 sebesar Rp25,7 triliun.
Dalam Harbolnas tahun ini, produk lokal tercatat mendominasi keseluruhan penjualan dengan porsi 52 persen, dengan nilai transaksi mencapai Rp16,1 triliun atau mengalami peningkatan sekitar 31 persen (yoy).
"Pemerintah terus mendorong promosi dan kampanye agar masyarakat lebih memilih produk lokal. Ketika pasar untuk produk lokal sudah terbentuk, maka suplai akan mengikuti secara otomatis. Langkah ini juga dapat membantu mengurangi ketergantungan pada produk impor,” kata Airlangga Hartarto, dalam keterangannya, Minggu (28/12/2024).
Menurut keterangan tersebut, sebanyak 407 peserta tercatat telah berpartisipasi dalam Harbolnas tahun ini, mulai dari pedagang, ritel daring, hingga penyedia layanan lokapasar.
Pakaian olah raga dan aksesori fashion, personal care, serta makanan dan minuman menjadi tiga kategori produk yang turut mendominasi penjualan dalam Harbolnas 2024.
Selain itu, Harbolnas tahun ini juga disebut menjadi capaian untuk pedagang yang baru onboarding dibandingkan masa sebelum pandemi.
“Kami optimis dengan kolaborasi yang kuat antara Pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat, target pertumbuhan ekonomi melalui sektor konsumsi dapat tercapai,” ujar Airlangga. []
© Copyright 2024, All Rights Reserved