PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) mencatatkan rugi Rp7,12 triliun sepanjang tahun 2023. Kerugian bersih WIKA ini membengkak 11.860
Direktur Utama Wijaya Karya, Agung Budi Waskito, menyebut, selain tingginya beban bunga dan lain-lain, penyebab besarnya kerugian WIKA sepanjang tahun 2023 disebabkan oleh PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI).
"Ada dua komponen yang pertama adalah beban bunga yang cukup tinggi, kedua adalah beban lain-lain di antaranya mulai tahun 2022 kami sudah mencatat adanya kerugian dari PSBI atau kereta cepat aliasi Whoosh yang tiap tahun juga cukup besar," kata Agung Budi Waskito saat rapat bersama Komisi VI DPR RI, dikutip Rabu (10/7/2024).
PSBI merupakan anak usaha dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI yang menggenggam mayoritas saham PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sebesar 60%. WIKA sendiri menjadi salah satu pemegang saham PSBI dengan kepemilikan 38% saham.
Tercatat, beban WIKA membengkak yang terdiri dari beban lain-lain naik 310,16% menjadi Rp5,40 triliun. Sementara beban keuangan meningkat 133,70% sebesar Rp3,20 triliun di tahun 2023.
"Beban lain-lain ini di antaranya mulai tahun 2022 kami sudah mencatat adanya kerugian dari PSBI atau kereta cepat," kata Agung.
Menurut Agung, WIKA telah menggelontorkan dana yang cukup besar untuk proyek kereta cepat Jakarta - Bandung tersebut sebesar Rp6,1 triliun.
"Memang paling besar karena dalam penyelesaian proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung, yang memang dari penyertaannya saja sudah Rp6,1 triliun, kemudian yang masih dispute atau belum dibayar sekitar Rp5,5 triliun sehingga hampir Rp12 triliun," ungkap Agung.
Agung mengatakan, perseroan harus mengumpulkan modal melalui penerbitan obligasi yang akhirnya membuat beban keuangan membengkak.
"Untuk memenuhi uang ini, mau tidak mau WIKA harus melakukan pinjaman melalui obligasi, apalagi dengan adanya bisnis properti yang kami memberikan Surat Hibah Lahan (SHL) cukup besar pada kurun waktu 2019 - 2022," pungkas Agung. []
© Copyright 2024, All Rights Reserved