Sebanyak 3000 peserta ikut meramaikan kegiatan Taiwan Excellence Happy Run 2017 di Jakarta, Minggu (14/05). Kegiatan lari yang dilakukan tanpa dipunggut biaya ini menempuh jarak 5 kilometer (km) dan 10 km. Olahraga yang digelar Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) ke empat kalinya ini bertujuan mempererat kerjasama antara Taiwan dan Indonesia.
"Ada yang berbeda yang kegiatan olahraga yang kami selenggarakan dengan kegiatan serupa yang pernah digelar oleh pihak lain. Karena event olahraga yang kami gelar ini menggabungkan tema sport, charity melalui pendonasian buku untuk anak-anak serta pameran produk-produk unggulan yang berkualitas di Taiwan Expo," kata Chairman of TAITRA, James C.F. Huang usai kegiatan tersebut di Jakarta.
Menurutnya, sebagai penyelenggara acara pihaknya berharap aktivitas ini dapat meningkatkan energi positif terhadap para peserta. Selain itu, pihaknua juga berupaya menyebarkan pesan bahwa olahraga bukan hanya bagus untuk kesehatan. Namun olahraga seperti lari membuat manusia menjadi lebih bahagia.
"Apalagi saat ini masyarakat makin mengenal kesehatan. Saat ini kesehatan sudah menjadi prioritas masyarakat Indonesia. Makanya kami memilih kegiatan lari karena olahraga ini paling digemari masyarakat Indonesia untuk menjadi sehat. Sehingga tak heran, jika peserta kegiatan kali ini setiap tahunnya selalu diminati banyak peserta. Untuk tahun ini, jumlah peserta memang tak sebanyak tahun lalu, karena tahun ini kami membatasi jumlah peserta. Apalagi kami menganggap Indonesia sebagai teman dekat Taiwan," akunya.
Sementara itu, President & CEO TAITRA, Walter M.S. Yeh menambahkan, dalam kegiatan lari ini juga pihaknya menggelar Taiwan Expo 2017. Kegiatan expo kali ini memamerkan sekitar 100 produk-produk terbaik dari Taiwan, mulai dari produk teknologi, desain, makanan hingga kesehatan. Untuk tahun ini, kegiatan expo pertama kali diadakan di Jakarta dan selanjutnya pada November besok di Surabaya. Setelah Indonesia, kegiatan expo serupa juga akan diadakan di Thailand, Malaysia, Singapura dan Filipina.
"Pameran teknologi terbesar ini merupakan salah satu kegiatan yang dinanti masyarakat Indonesia. Kegiatan expo ini diadakan untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk-produk terbaru Taiwan kepada masyarakat dan mengukur daya saing di pasar secara langsung di pusat perdagangan teknologi terbesar di Jakarta. Sehingga masyarakat Indonesia lebih mengenal produk-produk Taiwan. Karena 40 tahun terakhir, kami telah memainkan peran penting dalam pengembangan ekonomi Taiwan," ujarnya.
Dia menjelaskan alasannya memilih Indonesia sebagai negara pertama untuk menyelenggarakan expo. Sebab, pihaknya melihat kegiatan ini sarana yang paling ampuh untuk mengkampanyekan produk Taiwan. Ia berharap semakin banyak perusahaan di Indonesia yang menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan Taiwan. Apalagi melihat antusiasme masyarakat dalam setiap event yang diadakan Taiwan membuat pihaknya menjadi sangat bersemangat untuk melanjutkan kampanye Taiwan Excellence di Indonesia.
"Dilihat dari kampanye yang dilakukan tahun lalu bisa dibilang sangat sukses, karena dalam setiap acara yang diselenggarakan, selalu mengundang banyak animo masyarakat. Ke depannya kegiatan seperti ini akan terus dilakukan di Indonesia. Terlebih lagi hubungan kerjasama Indonesia dengan Taiwan hingga saat ini sudah sangat banyak. Mulai dari perusahaan Indonesia yang ekspor ke Taiwan, ada sekitar 30 ribu perusahaan. Saat ini kami juga tengah melakukan kampanye besar-besaran di beberapa negara Asia Tenggara," paparnya.
© Copyright 2024, All Rights Reserved