Honda Motor Company Ltd (HMC) lewat ranting bisnisnya PT Astra Honda Motor (AHM) mengakui bagusnya pasar sepeda motor di Indonesia. Indonesia menempati urutan ketiga terbesar pasar sepeda motor terbesar di dunia. Namun bagi merek Honda, Indonesia pasar nomor satu.
“Untuk total market sepeda motor seluruh merek, kita (Indonesia) ada di urutan ketiga, setelah India, Tiongkok. Meski begitu, khusus untuk Honda, Indonesia merupakan pasar terbesar kami di dunia, mengalahkan India dan Tiongkok,” kata Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman, kepada pers, di Jakarta, akhir pekan kemarin.
Padahal, kata Loman, sebelumnya status tersebut pernah dipegang oleh Honda India. Namun karena ada permasalahan internal, Honda India mengalami penurunan penjualan.
“Saat ini di India, jumlah penjualannya juga sudah lebih kecil, dibanding ketika merek masih bergabung dengan Hero Honda (Hero Group). Sehingga saat ini Indonesia yang jadi nomer satu, baru kemudian negara lain,” kata Loman.
Di Indonesia sendiri, HMC Jepang bekerjasama dengan Astra International, dengan kepemilikan saham sama rata (50 persen berbanding 50 persen). Berdiri sejak 1971, AHM saat ini sudah memiliki empat fasilitas pabrik perakitan yang tersebar di beberapa wilayah.
Dari seluruh fasilitas tersebut AHM saat ini memiliki kapasitas produksi 5.8 juta unit sepeda motor setiap tahunnya. Selain untuk memenuhi pasar domestik, model yang diproduksi di Indonesia juga untuk ekspor, meski belum begitu besar jumlahnya.
© Copyright 2024, All Rights Reserved